Goals, Parenting

Sebuah Tantangan Literasi

Sebenarnya kedua anak saya, Syifana dan Falisha, sangat menyukai buku. Kami telah membiasakan mereka untuk akrab dengan berbagai jenis buku. Namun, hal itu belum mendapat porsi yang lebih dan kami belum membuat sebuah tujuan yang serius dalam proses membaca buku.

Setelah mengetahui materi tentang pentingnya mengajarkan anak “membaca”, saya jadi tersentil. Bahwa saya harus menstimulasi anak-anak saya dengan berbagai metode sesuai dengan tipikal apa anak saya belajar. Syifana adalah anak visual-kinestetik, sedangkan Falisha visual-auditori. Sebuah tantangan besar bagi saya kali ini, karena saya sudah lama meninggalkan kebiasaan membaca. Jika dulu saya mampu membaca 2-3 buku per bulan, maka sejak punya anak bisa dibilang hanya 2-3 buku per tahun, hiks! 🙁

Entah kebetulan atau tidak, suami saya ternyata sedang menggandrungi sebuah buku, lebih tepatnya sebuah novel tebal. Ia mampu bertahan membaca berjam-jam sampai tidur lewat tengah malam. Sedangkan buku yang terakhir saya baca masih bertengger di dalamnya pembatas buku yang sulit sekali move on ke halaman berikutnya. Saya ikut tersentil, maka saya harus bersemangat dan menularkan semangat itu pada anak-anak saya.

Saat bercerita pada anak-anak tentang rencana membuat sebuah pohon literasi, mereka sangat excited! Mereka menjadi lebih bersemangat dalam aktivitas membaca mereka. Namun, saya lah yang harus lebih mengarahkan dan membuat aktivitas ini menjadi fokus serta menjadikannya kebiasaan harian yang positif dan menyenangkan. Walau belum membuat pohonnya, Syifana dan Falisha telah menentukan warna daun masing-masing untuk ditempelkan pada pohon.

On the next post, insyaAllah akan saya posting pohon literasi kami. Terima kasih pada Institut Ibu Profesional yang telah mendesain materi kuliah BunSay yang membuat kami senantiasa tertantang dalam mengerjakan game demi game yang diberikan. Sebuah tantangan literasi akan benar-benar menghidupkan lagi semangat kami dalam belajar. InsyaAllah…

 

#Day1

#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunSayIIP

#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *