Elsulaiman Family, Falisha, Goals, My Life, Parenting, Syifana

New Project : Semua Anak Adalah Bintang

Setelah hiatus agak lama, akhirnya blog ini pecah telor juga di awal tahun 2018 😀 Semoga tulisan saya kali ini bukan sekadar ingin mengerjakan tugas Kuliah Bunda Sayang IIP, tapi lebih kepada tanggung jawab saya sebagai seorang ibu yang telah diamanahkan dua putri cantik bernama Syifana & Falisha.

Well, sebenarnya saya adalah murid yang bisa dibilang “bandel”. #tutupmuka Alhamdulillah dengan kebijaksanaan fasilitator saya di Kelas BunSay Jakarta 02, saya masih bisa mengikuti tantangan ke-7 kali ini. Dan saya tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang langka ini. Special thanks to Mba Nesri Baidani yang telah membimbing kami dengan tegas dan cerdas. #menjurahormat

Nah, back to the topic, PR kali ini bertepatan dengan semangat tahun baru. Dan tema materinya pun seru sekali! “Semua Anak Adalah Bintang”. Para peserta Kelas BunSay harus menjajaki minat dan bakat anak-anaknya, serta mencatat hal apa saja yang ditemui dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Maka, di hari pertama tantangan ini saya memulai dengan aktivitas handycraft melalui seni melipat ala Jepang, yakni Origami. Kenapa Origami? Anak sulung saya, Syifana (5yo) sangat antusias dengan aktivitas membuat sesuatu yang baru. Dan beberapa kali saya mencobanya, ia sangat excited dan matanya berbinar-binar saat kami melipat kertas dan membentuknya menjadi sesuatu yang baru.

So, let the pictures talk! 😉

Kami mencoba tutorial Origami Penguin

She picked the blue one

 

They started to fold the paper

 

She looks so happy to do it

 

Coloring

 

 

Taddaaaa! It’s done, the cute penguin…. ^_^

 

Selama proses kreativitas berlangsung, Syifana terlihat sangat antusias dalam mengkreasikan hasil lipatannya, seperti mewarnainya dengan ide sendiri (tidak persis seperti contoh), lalu ia juga membuat bentuk mata yang berbeda dari yang dicontohkan pada tutorial.

Selain itu, dalam beberapa step melipat kertas, Syifana semakin menunjukkan kemampuan visualnya dengan mengutarakan imaji-imaji yang mirip dengan bentuk lipatan.

Sedangkan Falisha, ia masih dalam tahap memperlakukan kertas sesuka hatinya, alias dibejek-bejek 😀 It’s OK, because she did it with fun! ^_^

Walau kami hanya melakukan aktivitas ini dalam waktu yang singkat, hal ini menjadi pelajaran berharga untuk saya. Bahwa dengan merencanakan aktivitas yang lebih serius dan terarah sesuai dengan potensi bakat anak, maka mood dan energi kita menjadi seolah selalu di atas rata-rata.

Semua anak adalah bintang. Maka saya harus senantiasa berusaha menyemangati anak-anak saya untuk melakukan apa yang mereka sukai, dan mengembangkan potensinya dari waktu ke waktu. This will make things being fun! 😉

I can’t wait to do it more tomorrow! ^_^

 

#Day1

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunSayIIP

#BintangKeluarga

1 thought on “New Project : Semua Anak Adalah Bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *