Parenting

Menghafal Qur’an Sejak Dini

Salah satu kegembiraan saya sebagai orangtua, selain anak mampu tumbuh dan berkembang dengan baik adalah mereka juga mau dan mampu menghafalkan Al Qur’an. Sebagai seorang Muslim yang baik, tentunya kita menginginkan nilai-nilai spiritual juga tertanam di dalam hati anak-anak kita. Salah satunya adalah dengan cara mengajarkan mereka untuk menghafal Qur’an sejak dini.

Syifana sudah saya kenalkan dengan surat-surat pendek Al Qur’an sejak usia di bawah 2 tahun, setelah ia mulai lancar berbicara, saya mencoba untuk mengajaknya mengulang Surah Al Fatihah, satu surah Al Qur’an yang pertama dan utama sebelum menghafalkan surah-surah lainnya.

Nah, di tantangan kali ini, dalam memunculkan bintang-bintang dalam diri anak-anak, saya mengajak mereka untuk mengembangkan sisi spiritualnya dengan menghafal Al Qur’an. Saya menyiapkan waktu khusus untuk aktivitas ini, dan menawarkan berbagai hal yang mengasyikkan saat mengajarkannya pada anak-anak.

Biasanya saya akan memutarkan video menarik yang akan membuat Syifana, sang anak visual, menjadi terpusat perhatiannya. Tapi, kali ini saya menghindari “gadget” dan lebih memilih Qur’an khusus yang menarik dengan warna yang berbeda dengan Qur’an yang biasanya mereka pegang. Selain itu, ukurannya yang besar juga akan membuat Al Qur’an menjadi sesuatu yang spesial untuk mereka. Memang Qur’an yang satu ini adalah Al Qur’an kesayangan sang Ayah, yang jarang dilihat oleh anak-anak. 😀

Untuk mengajarkannya, saya menyiapkan sebuah stik panjang yang menarik anak-anak. Stik ini berguna untuk mengajarkan anak-anak dalam menunjuk ayat-ayat Qur’an yang dibaca. Juga mengayunkannya dalam mengajarkan pendek dan panjangnya bacaan.

Nah, PR buat saya adalah bagaimana memulainya menjadi sebuah permainan yang menyenangkan. Maka, saya berusaha membuat gesture, intonasi, dan gerakan yang membuat mereka memusatkan perhatian pada bacaan Qur’an.

Hasilnya, mereka mampu fokus dalam membaca Al Qur’an, dan mengulanginya dengan senang hati. Memang di sela-sela aktivitas ini ada hal-hal konyol dan lucu, ada kalanya bosan dan Syifana menolak untuk membaca dan menghafalkannya. Tidak mengapa karena memang berproses. Sedangkan si bungsu, Falisha, ia begitu antusias dalam membaca surah yang sudah dihafalkannya maupun yang sedang dihafal. Ia membaca dengan lantang dan tidak menolak ketika saya meminta ia mengulanginya sekali lagi. ^_^

Unfortunately, handphone saya sedang bermasalah sehingga saya tidak bisa mendokumentasikan aktivitas yang kami lakukan ini. 🙁 Ke depannya, saya akan lebih prepare lagi dalam mengajak mereka membaca dan menghafal Al Qur’an, untuk memunculkan fitrah spiritual mereka, juga kemampuan mereka dalam mengingat dan menghafal bacaan Qur’an dengan benar sejak usia dini. InsyaAllah…

 

#Day4

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunSayIIP

#BintangKeluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *