DIY, Parenting, Syifana

Membuat Karya Sendiri, “Layak jual kah?”

Hari ini Syifana sedang ingin sekali membuat sesuatu dari kertas lipat (origami). Walau saya sudah berencana yang lain, tapi Syifana begitu excited dengan koleksi origami barunya yang belum lama dibeli kemarin.

Karena si dedek, Falisha, sedang tidur siang, akhirnya kami membuat kreasi origami berdua saja. Hmm… saya berpikir memutar otak untuk menghubungkan kegiatan ini dengan proses penanaman nilai dalam kecerdasan finansial.

Akhirnya saya ajak Syifana membuat karya, seperti biasa ia sangat bersemangat dalam membuat sesuatu yang baru. Kali ini yang kami buat adalah origami sapi.

Setelah jadi, saya bertanya padanya, “Kak, ini kira-kira kalo Kakak jual ke temen-temen sekolah, temen Kakak mau beli gak ya?” “Kakak bisa jual dengan harga yang murah, karena kan mudah bikinnya.”

Syifana berpikir sejenak, lalu menjawab, “Mau! Aku mau.”

“Mau dijual berapa Kak?”

“Enam puluh”, katanya polos.

“Lho, Kakak lupa yaaa, kemarin kan udah Bunda ajarin soal jenis uang, kan ada tuh nilainya kecil, Kakak inget gak?”

“Mmm…”, masih bingung

“Se…….”, saya memancingnya untuk menjawab.

“Seribuan!”

Hihihi, ternyata memang tidak mudah mengajarkan hal ini pada anak. Butuh serangkaian kegiatan dan penjelasan yang berkesinambungan, serta tepat waktunya sesuai mood anak.

Saya tahu mungkin saya terlambat mengenalkan dan memahamkan ini pada anak-anak, terutama Syifana yang telah menginjak usia 5 tahun. Tapi, saya yakin lebih baik terlambat daripada tidak memulainya sama sekali.

Musim pancaroba yang membuat anak-anak rentan sakit, hujan yang membuat target cucian tidak tercapai tepat waktu, nampaknya membuat saya sedikit kewalahan dalam tantangan kali ini. Mungkin tidak ada hubungannya, dan saya terkesan mencari-cari alasan. But, semangat itu masih ada. Saya masih ingin menyelesaikan tantangan game 8 ini dengan lebih baik lagi, pada sisa hari tantangan yang telah ditentukan.

 

#Day6

#KuliahBunsayIIP

#Tantangan10Hari

#Level8

#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

#CerdasFinansial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *