DIY, Elsulaiman Family, Parenting, Syifana

Membuat Aquarium “My Little Pony” Ala Syifana

Cerita ini berawal dari sebuah kotak bekas. Ya, kotak bekas yang terdapat plastik mika di salah satu sisinya sehingga kita bisa langsung melihat isi di dalamnya. Syifana tercenung menatap kotak bekas itu, ia suka dengan gambar karakter My Little Pony yang ada di bagian atas kotak tapi sepertinya ia bingung mau diapakan kotak bekas itu.

Saya langsung memberikan ide, “Gimana kalo bikin aquarium kayak punya Bu Iyam di sekolah lama?” Matanya pun langsung berbinar-binar indah, “Yuuuk!”

Well, ini akan menjadi sebuah project seru. Saya membayangkan sedikit kerumitan dalam membuatnya. But, I think this is a progress from our last activities. Kalau kemarin-kemarin saya menemaninya mewarnai, menggambar, melipat kertas origami, dan membuat kreasi dari kertas, maka aktivitas kali ini akan menggabungkan semuanya. Sudah terbayang serunya. ^_^

Saya pun menyiapkan bahan-bahannya; kertas warna-warni, gunting, lem, selotip, benang, alat tulis, dan sang kotak bekas istimewa. Kami mulai berbagi tugas, saya membuat binatang laut, Syifana membuat background yang akan terlihat seperti warna laut, lalu Falisha ikut-ikutan ingin menggunting ini itu. 😀

 

 

Bahan-bahan seadanya

 

Membuat background laut

 

Mewarnai

 

Menggunting dengan serius 😀

 

Bintang laut ^_^

 

Di tengah keseruan kami dalam membuatnya, sang Ayah mengamati. Lama-kelamaan karena kami sedikit kewalahan, ia pun turun tangan. Yeaaay! Saya tenang kalau Ayah sudah ikut serta. He’s much much better in drawing and crafting than I am. :p

Ayah membantu membuatkan rumput laut yang akan ditempel di dasar lautan. Namun, saat ditempel para rumput laut itu selalu terlepas walaupun menggunakan selotip. Apakah sebabnya? Ternyata karena background terlapisi warna crayon yang terbuat dari semacam zat lilin, yang ogah bersatu dengan yang namanya lem atau pun selotip. Akhirnya Ayah menawarkan solusi dengan mengganti background dengan kertas origami warna biru. Solved!

 

Menempel rumput laut & bintang laut

 

 

Karena gagal menempel, background diganti dengan kertas origami warna biru

 

Aquarium sudah jadi! Gimana, kece kan? ^_^

 

Finishingnya adalah membuat gantungan dari benang agar nanti para binatang laut itu dapat digerak-gerakkan seolah sedang berenang. 😉

Kuda laut ^_^

 

Para bintang aquarium ^_^

 

Finally, di tahap akhir saya memasukkan ikan-ikan dan kuda laut ke dalam aquarium.

 

Taddaaa! This is it! Aquarium My Little Pony ala Syifana 😉

Catatan saya kali ini:

  • Syifana sangat bersemangat dan antusias dalam menggarap project aquarium ini. Walau ia masih dibantu dalam proses pengerjaannya, ia sangat menikmati proses menggunting, mewarnai, menempel, dan melihat prosesnya dari awal hingga akhir.
  • Karena kami sangat jarang membuat prakarya seperti ini, durasi pembuatannya memakan waktu kurang lebih 2 jam! 😀 Semoga proses trial and error dalam pembuatan aquarium ini bisa menunjukkan ke Syifana bahwa dalam mencapai sesuatu itu tidak selalu mudah, akan ada hambatan dan kegagalan, namun sekaligus solusi dan banyak cara dalam mengatasinya.
  • Sebagai evaluasi, next time saya harus mencoba hal lain yang lebih mudah dibuat namun tetap menarik untuk anak-anak, sehingga anak-anak tidak terlalu banyak dibantu dalam proses pengerjaanya.

Dua hal yang paling membuat saya senang dalam project kali ini. Hal pertama yakni kami berhasil membuat sesuatu yang berbeda dan termasuk sulit untuk dilakukan. Alhamdulillah… We made it! Kedua, Sang Ayah ikut serta dalam project! Yeaaaay! Tentu saja kehadiran Ayah menjadi pemantik semangat anak-anak sehingga fokus dalam aktivitas ini.

Mudah-mudahan di hari kesepuluh tantangan ini menjadikan saya lebih kreatif lagi dalam merencanakan aktivitas anak-anak untuk ke depannya. Dan semoga kelak saya berhasil membuat bintang-bintang mereka bersinar lebih terang. Aamiiin….

 

#Day10

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunSayIIP

#BintangKeluarga

1 thought on “Membuat Aquarium “My Little Pony” Ala Syifana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *