Falisha, Parenting

Asyiknya Menabung

Hari ini Falisha sudah agak baikan, meski diarenya masih sedikit berulang, tapi ia seolah selalu penuh energi. Maka, saya pikir hari ini saya akan fokus dengan Falisha, sang adik.

Saat memperkenalkan berbagai jenis uang pada Syifana dan Falisha seminggu yang lalu, saya lebih berfokus pada Syifana. Namun kali ini saya akan mengajarkan pada Falisha tentang aktivitas menabung.

Pertama yang saya lakukan adalah me-rewind kembali pelajaran mengenal jenis uang. Saya memulainya dengan uang koin, yakni pecahan seratus, dua ratus, lima ratus, dan seribu rupiah. Walau Falisha masih belum hafal dan belum bisa membedakan antara uang seratus dan uang dua ratus, tidak mengapa karena ia masih belum saya ajarkan secara serius, mengingat usianya yang masih dua tahun.

Lalu, saya mengajaknya memasukkan uang-uang koin tersebut ke dalam celengan kesayangannya. Jika selama ini saya hanya mengajak anak-anak mengisi celengan begitu saja, maka kali ini saya memberinya pengetahuan, bahwa uang tersebut kelak akan terkumpul, dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya.

Walau Falisha tidak terlihat serius (ia mendengarkan saya sambil mengunyah kue pie kesukaannya ^_^), semoga penjelasan saya ada yang membekas di hatinya.

Mendidik anak agar menjadi cerdas secara finansial benar-benar PR bagi saya. Masih ada beberapa hari ke depan sebelum tantangan game level 8 ini berakhir, semoga saya bisa melaluinya dengan lebih baik dari hari ke hari. Aamiiin…

 

 

#Day7

#KuliahBunsayIIP

#Tantangan10Hari

#Level8

#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

#CerdasFinansial

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *